Bikin Jadwal Belajar

studying-boh

Biasanya sebelum UN, kita pasti bakalan sibuk dengan segala kegiatan yang berbau UN. Demi mencapai nilai ujian yang memuaskan. Saking banyaknya kegiatan belajar, seringkali bingung kita untuk mengaturnya. saya akan membantu mencoba membantu kita mempersiapkan diri seminggu sebelum pertempuran besar itu.

1. Bikin Time Table kegiatan.

biar nggak mabok sama banyaknya kegiatan. Mending bikin list apa yang harus dilakukan.

2. Tentukan apa yang harus di pelajari.

Pilih pelajaran apa aja yang nantinya bakalan di UN-kan. Dengan begini, waktu belajar kita nggak akan kebuang sama pelajaran yang bukan termasuk ke dalam tes UN. selain itu, kita bisa fokus terhadap subjek yang akan dipelajari.

3. Mulai dari yang lebih penting.

kadang dengan adanya bermacam pelajaran yang diuji. kita jadi bingung apa yang harus dipelajari duluan. Biar gampang, mulailah dengan pelajaran khusus jurusan. Karena pelajaran tersebut memiliki bobot yang besar. Misalnya jurusan IPS dengan ekonominya atau IPA dengan matematikanya.

4. Disiplin

Kalo udah menjelang UN gini, kita harus lebih ketat dalam hal belajar. Jadwal-jadwal belajar yang udah dibuat harus dikerjain. Jangan banyak alasan ini itu. Konsisten sama niat kita untuk belajar. Karena pada akhirnya, semua kedisiplinan itu bakalan kebayar dengan hasil ujian yang bagus.

4. Hindari belajar malam.

Kalo ada yang bilang belajar malam itu lebih masuk ke otak. Lebih baik jangan ditiru. Karena itu nggak bener. Malam hari adalah waktunya otak dan badan istirahat, seabis melakukan kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran.

Waktu yang tepat untuk belajar adalah dini hari alias subuh. Karena otak kembali fresh setelah istirahat, untuk menyerap semua bahan-bahan pelajaran. Ditambah suasana subuh yang sepi dan udara segar, makin menambah mood untuk belajar

~ oleh iqbal01 pada Maret 9, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: