Al-Qur’an Surah Al-Baqarah, 2: 30, Al:Mu’minun, 23 : 12-14, Az-Zariyat, 51:56, dan An-etNahl, 16:78

Surah Al-Baqarah, 2:30 Tentang Peranan Manusia Sebagai Khalifah Terjemahan Ayat. “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat:’Sesungguhnya aku hendak menjadikan seseorang Di muka bumi.’Mereka berkata: ‘Mengapa Engkau hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi itu, orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?’ tuhan berfirman: sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.’” Kesimpulan isi atau kandungan Al-Qur’an Surah Al Bar\qarah ayat 30 adalah : Allah SWT memberitahukan kepada para malaikat tentang rencananya akan menciptakan adam (manusia) yang kedudukanya sebagai khalifah di muka bumi. Para malaikat belum mengetahui secara pasti, apa yang akan diperbuat manusia setelah rencana Allah SWT terwujud. Para malaikat merasa khawatir. Bahwa umat manusia (keturunan Adam) nantinya akan berbuat kerusakan di muka bumi dan berbunuh-bunuhan antar sesama. Padahal mereka (para malaikat) merupakan mahluk yang senantiasa bertasbih, menucikan Allah, mentaati perintah-Nya dan tidak mendurhakai-Nya. Karena itu, mereka ,mengajukan pertanyaan kepada Allah SWT sebagaimana tercantum dalam ayat tersebut. Ketidaktahuan para malaikat dan kekhawatiran para malaikat menjadi hilang setelah mendapat penjelasan dari Allah, bahwa Allah lebih mengetahui dari apa yang telah diketahui para malaikat. Kedudukan manusia di dunia adalah sebagai khalifah Allah atau pengganti Allah. Surah Al-Mumin Ayat 12-14 Tentang Kejadian Manusia Terjemahan ayat. “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari saripati yang(berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami balut dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia mahluk yang (berbentuk) lain. Maka Mahasucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.” (Q.S. Al-Mu’minun, 23: 12-14)

About these ads

~ oleh iqbal01 pada Februari 28, 2009.

31 Tanggapan to “Al-Qur’an Surah Al-Baqarah, 2: 30, Al:Mu’minun, 23 : 12-14, Az-Zariyat, 51:56, dan An-etNahl, 16:78”

  1. wah terima kasih… bgt… sangat membantu dan berguna

  2. sangat berterima kasih dengan keberadaan wibsite ilmu alqur’an, sebab akan memudahkan buat saya dan kaum beragama islam dalam mencari tau apa apa yang tidak diketahui tentang Islam yang sesungguhnya /

  3. thank you,,,,
    jadi mudah deh????ngerjaen tugasx

  4. Thanks .is the best lah pokonya

  5. duch” thank’s bget ya
    dgN ad’n bLog kmu,, W bs Ngerjain Tgas Dgn Mudahh,,,

  6. terimakasih banyak,,,,sangat membantu,dan semoga manusia dapat menjadi khalifah yang baik,,,amien,,

  7. huh… Tulisan al Quran nya mana ????????????????

  8. siph jadi gampang ngerjain tugaz TQ

  9. terimakasih…
    dengan adanya blog kamu…
    aku jadi mudah mengerjakan tugas agama….

  10. wah,thanks banget yah,jd tertolong dech…

  11. thank you very much …..

    alhamdulillah tugas aku selesai ……..because your already to help me…………….:)

  12. makasih ya…
    blog km uda bantu ngrjain tugas aku…

  13. thanks yaa ngeshare… ngebantu :D

  14. Tank u very much it very usefull because im studying about science from islamic perspective in ethics.

  15. thank all pr gw udah selesai

  16. thanks yah !
    blog nya sngat membantu dlm mengerjakan tugas agama aq !

  17. hemz hemz,,, thankz ya,, PR aku jadi mudah di kerjakan nech,,,??? hihiiihhii
    islam ktp,,,,

  18. hmpp thanks yuah semua ayt” ini sangat membantu buat semua kaum muslim karena selain untuk tugas surat ini pun sangat berguna bagi setiap umat islam apa yang ada dalm kandungan surat al ba’ qarah …..!!!

  19. thankzz…

  20. thank’s yaa :)

  21. makasih , gue copy ye

  22. tahnksss,, slam knalll

  23. thanks, tapi aku rada bingung. ada yang menyebut klo sebelum adam ada khalifah lain tolong dijelasin donk! Lier abi..

  24. makasih y dh ngasih tw
    by imam

  25. Alhamdulillah..
    jadi tau ana maksudnya.
    semoga di berkahi oleh Allah kegiatan kita.
    Amin ya Rabb

  26. xox ngak da arap nya

  27. aminn.
    ada ini jd gmpang, ngerjain PR nya

  28. sengat membantu pekerjaan saya gan (y)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: